Senin, 17 Juni 2024

Breaking News

  • 15 ribu Masyarakat Hadiri Open House Pj Walikota Pekanbaru   ●   
  • Tokoh FTE Rekomendasi Audit Keuangan BSP, Jefry Noer: Itu Pipa Bocor Apa Koyak?   ●   
  • Pj Walikota Launching Mobil Layanan Cepat LPJU dan Bus TMP Gratis Bagi ASN   ●   
  • Pemko Pekanbaru Gesa Perbaikan Infrastruktur Untuk Masyarakat   ●   
  • PASCA PEMILU 2024,KESBANGPOL KAMPAR BERHARAP ORMAS DI KAMPAR KOMITMEN JAGA KAMTIBMAS TETAP KONDUSIF   ●   
Pekanbaru Banjir Akibat Hujan Deras, Pj Walikota Ajak Warga Giatkan Gotong Royong
Rabu 24 Januari 2024, 16:20 WIB
Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun mengajak warga melakukan gotong royong untuk mencegah banjir. Pasalnya, hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru pada Selasa (23/1/2024) malam membuat sejumlah permukiman dan jalan tergenang banjir.

Banjir tampak menggenangi sejumlah permukiman dan jalan protokol. Rata-rata banjir yang terjadi diakibatkan oleh drainase yang tersumbat.

"Luar biasa banjir hari ini, drainase tersumbat. Jadi kita minta kesadaran dan atensi warga untuk melakukan gotong royong," ujar Muflihun, Rabu (24/1/2024).

Dirinya memantau bencana banjir yang telah merendam beberapa titik di wilayah Pekanbaru. Menurutnya, banjir terjadi karena curah hujan tinggi. Selain itu, banjir yang terpantau juga disebabkan karena adanya air yang meluap dari saluran drainase.

"Banjir juga disebabkan oleh air yang meluap dari drainase. Baik drainase induk maupun drainase atau parit di sekitaran pemukiman warga," ungkapnya.

Untuk itu, orang nomor satu di Pekanbaru ini mengajak masyarakat secara luas agar gencar melakukan normalisasi drainase yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Sehingga penyumbatan di saluran parit tidak terjadi dan dapat mengurangi banjir.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan warga untuk tidak membuang sampah di saluran air tersebut.

"Tolonglah membuang sampah jangan di sembarang tempat, parit kita ini terkadang penuh dengan sampah. Membuang sampah tidak pada tempatnya," pintanya.

Ia juga menyoroti dengan kasus penyumbatan saluran drainase yang ada disekitar bangunan rumah toko (ruko). Pemilii ruko diminta agar memerhatikan drainase di depan ruko dan tidak membuang sampah di saluran drainase.

"Pemilik ruko tolonglah membuat bak kontrol, sehingga bisa dipantau," sebutnya.

Dikatakannya, Pemko Pekanbaru punya peran sendiri dalam penanganan soal banjir. Namun peran masyarakat juga sangat diperlukan terutama menjaga kebersihan atau tidak buang sampah di parit atau saluran air.

"Pemko sendiri tentu harus menyelesaikan dengan tuntas. Kita juga harus tau kondisi keuangan seperti apa. Tetapi peran masyarakat juga, jangan buang sampah sembarangan di parit dan drainase," pungkasnya. (adv)




Editor :
Kategori : Pekanbaru
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by merdeka24.com
Scroll to top